Profil FH UMC

We are a team of 30 plumbing professionals with an experience of 20 years in domestic and commercial plumbing services.​

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat Datang di Fakultas Hukum  UMC

Fakultas Hukum UMC didirikan pada tahun 2016 dengan membawa harapan baru untuk para calon Sarjana Hukum, karena Fakultas Hukum UMC berkomitmen membentuk Sarjana hukum yang berkompeten, professional dan agamis.

Fakultas Hukum  UMC menjadi pilihan tepat selain telah terakreditasi baik sekali dan saat ini menuju unggul, dosen-dosen kami merupakan  akademisi dengan pendidikan  75% doktor hukum dan praktisi-praktisi handal (polisi, hakim, notaris, advokat, jaksa) yang telah terbiasa mempraktekkan ilmu hukum, sehingga mahasiswa paham akan teori dan praktek.

Pengaruh globalisasi yang berdampak pada perkembangan kejahatan menjadi Tantangan tersendiri bagi para ahli hukum kedepan,  

Oleh sebab itu, kami juga terus membangun jejaring baik dengan Lembaga-lembaga negara, Perusahaan, maupun perguruan-perguruan tinggi lainnya untuk memningkatkan kualitas.

Jangan ragu menjadi bagian dari kami menjadi ahli hukum yang dapat berperan untuk kemajuan bangsa.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sejarah Fakultas Hukum

Landasan historis Program Studi Ilmu Hukum tidak dapat dilepaskan dari sejarah lahirnya Universitas Muhammadiyah Cirebon yang lahir September 2000 sesuai SK pendirian No. 203/D/0/2000. Program Studi Ilmu Hukum berusaha mencerminkan kekhasan Universitas Muhammadiyah yakni sebagai organisasi Islam modern berkomitmen terhadap nilai-nilai dasar Islam sesuai tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunah sebagai pijakan dasar dan terbukti dalam sejarahnya dapat mencapai status organisasi terbesar di Indonesia dengan ragam amal usaha melintasi zaman dan peradaban bangsa. Lebih tepatnya Program Studi Ilmu Hukum UMC yang lahir pada Januari 2016 sesuai SK pendirian dari Dirjen Dikti 13/KPT/I/2016. Program Studi Ilmu Hukum berada dalam naungan Fakultas Hukum dengan lokasi di Kampus 1 UMC yakni di jalan Tuparev 70 Cirebon. Fakultas hukum terakreditasi B (baik sekali) yang saat ini sedang menuju unggul.

Visi

“Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang Unggul terdepan dalam mewujudkan masyarakat ilmiah yang cerdas, berbudaya, dan professional di bidang hukum.”

Misi

Mengembangkan pendidikan dan pengajaran hukum yang unggul kompetitif.
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang islami sesuai dengan catur dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
Menyelenggarakan penelitian yang mendorong perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi dalam bidang Ilmu Hukum.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Hukum.
Menyelenggarakan Kegiatan kewirausahaan di bidang Ilmu Hukum.

Tujuan Fakultas

  1. Menguasai berbagai teori, ajaran dan sumber hukum yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dan nilai-nilai kemuhammadiyahan.
  2. Mampu menyusun rekes-rekes dalam pembuatan surat kuasa, surat gugatan, eksepsi dan atau jawaban, replik, duplik, pembuktian dan kesimpulan.
  3. Menguasai metode rechtsvinding / penemuan hukum terutama yang terkait dengan hukum perdata, pidana dan tata negara.
  4. Menguasai dan mengaplikasikan metodologi penelitian hukum.
  5. Menguasai alternatif solusi masalah / kasus hukum secara prosedural dan berdasarkan asas dan prinsip-prinsip hukum yang ada di masyarakat, sesuai dengan lingkup pekerjaan atau profesinya.
  6. Mampu menjalankan tugas-tugas sebagai praktisi hukum dan legal officer baik di pemerintahan maupun swasta.
  7. Mampu menyajikan dan memberikan pendapat hukum.
  8. Mampu mengembangkan hukum yang dibutuhkan masyarakat.
  9. Menguasai berbagai teori, ajaran dan sumber hukum yang meliputi : bidang hukum perdata, pidana dan tata negara.
  10. Memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship

Dari kompetensi utama inilah maka profesi utama lulusan adalah sebagai Hakim, Panitera, Jaksa, Advokat, Legal Officer, Konsultan Hukum yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

Struktur Organisasi